3 Cara Main Multiplayer ePSXe di Android

ePSXe.apk menjadi salah satu rekomendasi aplikasi emulator terbaik dan paling lancar  untuk menjalankan game-game lawas PS 1 di HP android, sekalipun penggunanya perlu merogoh kocek demi memenuhi keinginan bernostalgia akan permainan retro khas Playstation, aplikasi ePSXe  bahkan telah di download lebih dari 1 Juta kali. Selain itu, emulator ePSXe menawarkan layanan multi pemain dari jajaran fitur aplikasi yang tersedia, lantas bagaimana caranya bermain multiplayer ePSXe di HP?

Menurut kolom deskripsi ePSXe, aplikasi besutan epsxe software s.l. mampu melakukan  multi pemain 2 hingga 4 player, karena rasa penasaran akan kebenaran fitur tersebut akhirnya saya melakukan beberapa eksperimen kecil-kecilan, hasil dari uji coba tersebut pula saya paparkan melalui konten sederhana ini. Ada beberapa alat yang telah saya siapkan demi menjawab rasa penasaran saya tentang cara memainkan ePSXe multi pemain di android , termasuk list dibawah ini:

 Alat
Keterangan 
Kabel OTG Micro USB atau USB Type C 
Converter PS 2 Fungsi mengubah port PS2 to port USB
Stik PS2 Sebagai kontroler game
Gamepad Bluetooth X3Stik nirkabel 
2 - 4 HP Android 
Buat mabar  
 Game support multiplayerTekken 3, Nascar Rumble, CTR atau Crash team Racing, Super Shot Soccer 
Aplikasi ePSXe
Beli 1, terus dikirim ke HP lain.

3 Cara Main Multiplayer ePSXe di Android

1. Cara Main Game Berdua di ePSXe dengan 1 HP [work 100%]

Saya yakin banyak diantara kalian yang kurang tahu bahwa terdapat fitur tersembunyi pada aplikasi ePSXe yang memungkinkan pengguna dapat menjalankan emulator PS1 secara multi pemain cukup dengan sebuah smarthphone, ditambah kita tidak perlu melakukan root (tanpa root) untuk menjalankan trik ini. 

Hanya saja ada persyaratan agar tutorial ini bisa berhasil diterapkan, persyaratan pertama ponsel android wajib support fitur OTG atau USB On The Go, peryaratan kedua sediakan Stik PS 2 sebanyak 2 buah serta tidak lupa perangkat Converter PS 2. 

Baca Juga : Cara Melihat Smarthphone yang Mendukung USB OTG

Sambungkan 2 buah stik PS2 sebelumnya ke port Converter (memang konverter ini menyediakan 2 slot), lanjutkan dengan menghubungkan port USB converter ke OTG android, langkah terakhir pasangkan port usb OTG ke slot chargeran HP. Sampai disini kalian telah membuat stik OTG android sendiri dirumah. Langkah berikutnya melakukan settingan tambahan pada aplikasi.
  • Buka Aplikasi ePSXe , menuju pengaturan aplikasi.
  • Pilih preferensi input , tap Player 1  Pilih Gamepad.
  • Dalam jendela Konfigurasi Pemain1Gamepad, pilih kode (2064:1) Twin USB Joystik bagian atas.
  • Kembali dan tap Pengaturan Tombol Player 1 untuk menyesuaikan setingan kontroler agar tidak salah, kemudian kembali.
  • Lakukan settingan yg sama untuk player 2 (langkah 2 - langkah 3), pilih kode (2064:1) Twin USB Joystik bagian bawah.
  • Kembali dan lakukan Pengaturan Tombol Player 2.
  • Kembali lagi hingga ke menu Home dan settingan diatas akan tersimpan secara otomatis.
  • Jalankan permainan yang mendukung multiplayer, dan trik pun selesai diterapkan.
    Cara Main Game Berdua di ePSXe dengan 1 HP [work 100%]

2. Cara Main PS1 Fitur Multi Pemain di Android dengan 2 HP [work 100%] 

Buat teman-teman yang tidak memiliki converter ataupun stik ps2, cara ini bisa menjadi solusinya, hanya saja kita perlu mempersiapkan dua buah Smarthphone android. Langkah pertama aktifkan Hotspot Seluler bagi yang ingin menjadi Player 1, lanjutkan ke menu Pengaturan , Tentang Ponsel, Status, cari dan simpan Alamat IP yang ada. Buka Apk ePSXe - Pilih Multi Pemain - Localnet Player 1 (Server)BETA - Jalankan permainan yang mendukung multiplayer.

Kedua sambungkan Android lain (Player 2) ke Hotspot yang telah dibuat oleh Player 1, Buka Aplikasi ePSXe , tap MultiPemain , pilih Localnet Player2(Client)BETA , masukan IP Server (alamat IP player 1) otomatis aplikasi akan menjalankan game mengikuti game dari Player 1.
Cara Main PS1 Fitur Multi Pemain di Android dengan 2 HP

3. Cara Mabar (Main Bareng) ePSXe Android dengan  1 Gamepad Bluetooth, 1 Stik OTG [NgeBUG].

Trik yang berikutnya terinspirasi dari tutorial nom 1 sebelumnya, dimana kita tinggal mengubah sedikit pengaturan pada Konfigurasi Gamepad Pemain 1 & 2, yang mana salah satu Twin USB Joystik akan digantikan dengan settingan dari stik gamepad bluetooth. Sambungkan Gamepad Bluetooh ke ponsel, kemudian setting pada Konfigurasi Gamepad seperti gambar dibawah ini.


Sayangnya walaupun trik ini berhasil, terdapat BUG yang membuat kontrol salah satu player jadi susah dikendalikan, hal ini juga berlaku ketika salah satu konfigurasi Gamepad diganti menjadi Gamepad Virtual (layar android). Jadi admin lebih merekomendasikan salah satu dari 2 trik diatas yang notabenenya emulator dapat bekerja dengan normal.

Subscribe untuk menerima update terbaru dari kami:

0 Response to " 3 Cara Main Multiplayer ePSXe di Android "

Posting Komentar

"Share Jika Bermanfaat Serta Berikan Komentar Terbaik Kamu"