Pengaruh Menggunakan Charger Bukan Bawaan Pabrik (adaptor,kabel data tidak original)

Mari Bereksperimen! pada postingan kali ini kita akan membicarakan topik yang  sedikit berbeda dari biasanya. Mungkin setelah dari sini kamu bakal mikir-mikir lagi untuk menggunakan charger bukan bawaan hp, charger kw, atau charger merek lain. Bukan hanya melihat dampak pemakaian charger kw/bukan original, kita juga bakal membandingkan pengaruh kabel charger tidak asli terhadap performa yang diberikan saat pengisian daya baterai smarthphone.

Uji coba ini akan diterapkan di hp admin dengan merk dan tipe Samsung Galaxy A5 2017. Tujuan dibuatkan artikel ini pastinya admin ingin melihat pengaruh penggunaan charger bukan bawaan pabrik, charger dengan kabel data bukan ori, charger dengan memakai kabel data micro USB biasa + converter micro to type C, charger menggunakan kabel data micro USB Ori Samsung + adapter USB to Type C. Lebih lengkap admin punya bahan sebagai berikut:

  1. Adaptor SAMSUNG Original.
  2. Adaptor Merk Lain (yang mendukung Fast Charge).
  3. Kabel Data Type C SAMSUNG Original.
  4. Kabel Data Micro USB SAMSUNG Original (bekas HP lama saya).
  5. Kabel Data Biasa.
  6. Adapter/Converter Micro USB to Type C.
Umumnya ketika menggunakan charger bawaan pabrik yang telah mendukung fitur Fast Charging/Pengisian cepat secara otomatis akan menyala di ponsel Smarthphone Android saat proses pengisian baterai. Hal ini ditandai dengan munculnya pemberitahuan khusus dipanel Notifikasi HP.
Pengaruh Menggunakan Charger Bukan Bawaan Pabrik (adaptor,kabel data tidak original)
Efek yang ditimbulkan dari fitur FC, tentu saja ponsel cerdas bakalan lebih cepat terisi ketimbang smarthphone yang tidak menanamkan teknologi semacam ini didalamnya. Oleh karena fitur Pengisian Cepat akan menjadi tolok ukur kita dari percobaan kecil-kecilan yang admin buat sekarang. So tak usah berlama-lama langsung saja ke Eksperimen Pertama.

1. Mengisi daya Baterai Menggunakan Adaptor Merk Lain + Kabel Data Asli USB Type C.

Adaptor Fast Charging, begitu yang tertulis pada adaptor merek KAWACHI ini, namun setelah admin gunakan (menghubungkan melalui kabel data Type C Asli) hasil yang saya dapatkan Ponsel berhasil diisi tetapi tidak ada pemberitahuan pengisian cepat tercantum di Panel Notifikasi.

2. Melakukan Charge Memakai Adaptor Original + Kabel Data Micro USB Biasa di hubungkan dengan converter micro usb to Type C.

Perkiraan saya pada percobaan seperti ini bakalan memicu aktivasi fitur Fast Charging bawaan ponsel android, sejarah admin menggunakan adaptor bawaan pabrik sebagai sumber listrik dan kabel data biasa sebagai media menghantarkan listrik. Eh! ternyata setelah melakukan pengujian hasil, yang saya dapatkan  ponsel berhasil masuk dalam mode pengisian, tetapi fitur isi daya cepatnya malah tidak menyala. hmmmmm....
Melakukan Charge Memakai Adaptor Original + Kabel Data Micro USB Biasa di hubungkan dengan converter micro usb to Type C.

3. Mengisi daya baterai Menggunakan Adapter Merk Lain VS ORI (Kabel Data Micro USB Samsung ORI + adapter/converter to type C)

Nah bagaimana jika kita hanya membedakan perlakuan pada kepala Charger/Adapter namun menggunakan Kabel Data bawaan samsung Android ORI yang sama + dihubungkan dengan Adapter Micro USB to Type C. Akankah percobaan ini akan membuahkan hasil yang berbeda?? Hasil yang diperoleh atas 2 perlakuan ini cukup membuat saya senang.
  • Adapter Merk Lain (Kabel Data ORI+Convert) berhasil melakukan pengsisian daya namun gagal menghidupkan fitur Isi daya Cepat. 
  • Adapter ORGINAL (Kabel Data ORI+Convert) berhasil melakukan pengisian daya bahkan berhasil juga menghidupkan Fitur Pengisi cepat bawaan ponsel android Samsung Galaxy A5.
    ORI (Kabel Data Micro USB Samsung ORI + adapter/converter to type C)
Nah, setelah menyimak uji coba  di atas kamu udah tau kan alasan kenapa kita patut menggunakan charger (Adaptor & Kabel data Asli) bawaan pabrik. Ya jika dalam keadaan terdesak kamu mungkin bisa menggunakan charger hp lain dengan catatan beberapa fitur terutama fitur isi daya cepat tidak akan aktif, akibatnya ini akan membuat proses pengisian menjadi lebih lama.

Subscribe untuk menerima update terbaru dari kami: