Cara Menyambungkan tethering Bluetooth Hp Nokia Jadul X2-01 ke Smarthphone

Udah malam Mingguan lagi ya?  Ini berarti bahwa jadwalnya mimin android trik menerbitkan artikel terbaru,hehehe. Buat teman-teman yang jombloan jomblowati serta pengunjung setia androidtrik tentu sudah tahu kalau kami biasanya selalu berusaha menyempatkan untuk merelease tulisan terbaru saat hari rabu atau dihari sabtu, dari jadwal tadi kalian pasti tau mimin orangnya kayak gimana😄

So! Postingan kali ini saya  mau berbagi pengalaman bagaimana caranya agar kita dapat berbagi koneksi internet lewat bluetooth hp ke hp, akan tetapi disini kita tidak akan membahas cara tethering bluetooth antara hp android dengan smathphone lainnya, terlihat mainstream. Melainkan trik Anti-mainstream tethering bluetooth antara hp android dengan hp jadul nokia x2-01.

Apa sih itu Tethering? Secara sederhana tethering adalah sebuah fitur ponsel yang tugasnya untuk membagikan koneksi internet melalui hotspot seluler, bluetooth ataupun kabel usb. Emang hp nokia bisa berbagi jaringan ya min, itu kan hp jadul? Tentu bisa, sebab teknologi menshare akses internet sudah ada sejak dulu, kalau tidak salah di era populernya ponsel keluaran nokia, walaupun tidak semua ponsel lawas telah disematkan fitur Epic yang satu ini.

Sebelum menjalankan tutorial dibawah ini, izinkan saya bercerita sedikit munculnya ide ini sehingganya artikel inipun berhasil diubah menjadi tulisan oleh seorang solo blogger seperti saya.

Udah hampir 4 tahunan bagi saya menggunakan hp Android dengan merk Samsung Galaxy V , entah karena dimakan oleh waktu, kerusakan demi kerusakan mulai timbul di hp itu. Salah satunya yang paling parah sekarang hp kesayangan tadi telah mengalami kerusakan pada jaringan ponsel.

Sebelum rusak hp saya mendukung pemasangan dual slot kartu Sim. Entah jatuh atau penyebab lainnya membuat slot sim 2 tidak lagi dapat mendeteksi jaringan, dilayar ponselnya saja tertera "hanya panggilan darurat". mungkin saja kerusakanya terletak pada tempat slot sim itu sendiri. Sebab saya  sering kali bergonta ganti kartu provider, alhasil dari kebiasaan buruk tersebut akhirnya ponsel pun telah mencapai batas dan kerusakannya pun timbul.

Asal kalian tahu saja saya punya dua kartu provider yang berbeda. Slot SIM satu khusus untuk menerima pesan & Telpon, sementara SIM 2 berperan sebagai kartu khusus yang berfungsi sebagai perantara jaringan internet. Tak ingin merusak slot SIM yang satunya lagi, mimin mencari cara bagaimana caranya tempat kartu yang telah usang tadi dapat digantikan perannya, dan pada akhirnya tulisan yang berantakan ini berhasil diterbitkan.

Bagaimana cara menerima/mengirim tethering bluetooth di Hp Nokia X2-01

Pada dasarnya teknologi tethering antara hp nokia disini dengan tethering bluetooth smarthphone satu dengan lainnya itu sama saja. Secara ringkas kawinkan dulu bluetooth hp android bersama koneksi gigi biru dari si ponsel jadul. Setelah mereka telah mengenali perangkat masing-masing, lanjutkan dengan membuka jendela pengaturan bluetooth smarthphone kalian. Cari nama perangkat hp nokia tadi (disini kami telah menamainya dengan X2-01). Cukup dengan mengetuk nama perangkat tadi maka tethering bluetooth-pun akan berjalan secara otomatis

Min, Saya Punya Hp Nokia Jadul tapi Bukan Tipe/Merk Nokia X2-01, terus bagaimana kita tahu bahwa Ponsel Jadul itu dapat berbagi jaringan internet via bluetooth?

Nice Question! Tidak Sulit mengenali Hp Nokia Jadul yang mendukung sistem berbagi koneksi internet. Pertama Hubungkan Hp Nokia Kamu dengan Persangkat Ponsel Cerdas, setelah berhasil dikaitkan pergi ke jendela pengaturan bluetooth. Cari nama perangkat nokia sebelumnya sembari mengetuk icon gerigi yang ada disebelahnya. Dengan Metode ini kamu akan melihat Opsi Akses Internet pada perangkat yang support tathering bluetooth. Jika Hp Jadul teman-teman tidak menampilkan tulisan "Akses Internet" artinya kamu tidak dapat mengikuti apa yang telah saya paparkan di atas.
Cara melihat perangkat yang mendukung tethering bluetooth

Informasi tambahan, karena masih menggunakan teknologi jaringan lawas kecepatan internet yang dihasilkan dari nokia X2-01 tidak begitu cepat ,alias lebih lambat dari koneksi ponsel cerdas yang mimin gunakan. Hal ini disebabkan jaringan yang digunakan hp jadul tersebut memang hanya berupa jaringan Edge. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan nokia merek lain bisa lebih baik dari itu, nokia jadul ada juga yang telah mendukung jaringan 3G. Saya sendiri menjajal trik ini sebagai penaggulangan masalah sebelumnya (slot sim eror) paling tidak dengan kecepatan yang diberikan tekonologi Edge masih bisa membantu saya menjalin komunikasi dengan orang-orang terdekat. Sekian dari tulisan yang panjang ini, terima kasih.

Subscribe untuk menerima update terbaru dari kami: