Cara Memindahkan File dari Hp ke dalam Flashdisk

Cara Transfer/Copy/Salin/kirim Data dari Flashdisk ke Android - Terlalu banyak data dalam memori ponsel cerdas cenderung membuat kapasitas memori telepon menjadi lebih cepat penuh. Kita mungkin bisa sedikit melegahkan penyimpanan android, misalnya dengan menyambungkan flashdisk ke hp, dengan melakukan hal tersebut kita dapat memindahkan/mentransfer ataupun menyalin file   entah itu berupa video,gambar,foto,dokumen,lagu dengan mudah. Bahkan tutorial sebentar nanti anda tidak perlu memiliki sebuah komputer.

Bagaimana caranya mengelola file dari android ke Flashdisk tanpa media perantara Laptop/PC?  Mudah saja memanejemen data pada hp android anda, trik ini tetap akan bekerja sekalipun ponsel anda belum sama sekali menyentuh akses root. Anda hanya perlu menghubungkan ponsel cerdas dengan flashdisk drive ataupun Flashdisk OTG.

Namun sebelumnya kamu patut menyediakan 2 hal, yang pertama pastikan terlebih dahulu bahwa smarthphone yang anda pegang saat ini telah mendukung fitur USB OTG (On the Go). Kiranya  anda dapat memeriksanya melalui artikel kami yang telah diberi judul Cara Melihat Smartphone yang Mendukung Fitur USb OTG. Persiapan kedua kamu patut memiliki sebuah flashdisk + perangkat USB OTG, atau Flashdisk OTG.

Apa bedanya Flashdisk biasa dengan Flashdisk OTG? sederhana saja, Flashdisk biasa membutuhkan perangkat tambahan USB On The Go agar flashdisk drive biasa dapat terbaca di android, beda lagi dengan Flashdisk OTG. Flashdisk jenis ini tidak perlu alat pendukung USB OTG sebab seperti namanya Flashdisk OTG memang merupakan Flashdisk dan perangkat OTG yang telah digabungkan menjadi satu. Akibatnya model Flash disk OTG dengan flashdisk biasa terlihat berbeda.

Baca Juga : Cara Buat Flash disk Jadi Media Penyimpanan hasil Download di Android


Cara Memindahkan File dari Hp ke dalam Flashdisk

Cara Menggunakan Flashdisk OTG di Hp Android.

  1. Untuk Flashdisk biasa sambungkan Flashdisk drive dengan perangkat tambahan USB On The Go. (Flashdisk OTG bisa melewati Langkah ini)
  2. Sambungkan Flashdisk yang terhubung dengan OTG/Flashdisk OTG ke hp android anda.
  3. Tunggu sebentar hingga muncul notifikasi penyambungan USB.
  4. Setelah proses penyatuan selesai, anda dapat melihat media penyimpanan/manajer file telah melampirkan folder baru di bawah memori telepon atau memori SD Card/Kartu Memori.
  5. Pilih file dari android atau data dari flashdisk yang ingin anda Copy atau pindahkan. Ketuk dan tahan, maka dua opsi sebelumnya akan muncul.
  6. Langkah terakhir kalian hanya perlu menuju ke folder mana kamu ingin menyimpan file yang telah dipilih sebelumnya, kemudian ketuk Paste/Tempel/Selesai.
  7. Setelah melakukan segala aktifitas dengan flasdisk, menuju ke panel notifikasi pilih Opsi Lepas Flashdisk drive (mirip seperti eject diPC).
Begitulah metode copy paste file android ke otg ataupun sebaliknya. Tutorial ini dapat kamu terapkan pada semua merek hp/tablet android entah itu merek samsung,xiaomi,Oppo, Vivo, dan lain-lain. Yang terpenting smarthphone yang anda gunakan memang telah menunjang fitur Usb On The Go/OTG. Sekian dari kami semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Status : Update Mei 2020.

Subscribe untuk menerima update terbaru dari kami: